• Pelaksanaan Sosialisasai dan Pelatihan Teknis POKIR DPRD 2 Februari 2021
  • Pelaksanaan Sosialisasai dan Pelatihan Teknis POKIR DPRD 2 Februari 2021
  • ASN lingkup BAPPEDA melaksanakan Apel
TheGrue.org

Optimalkan Perencanaan Pembangunan Daerah,Bappeda Butur menggelar Kegiatan Sosialisasi dan pelatihan Teknis penginputan Pokir DPRD Kab.Buton Utara

Kategori: Uncategorised Diterbitkan: Selasa, 02 Februari 2021 Ditulis oleh BAPPEDA Butur

 Buranga,2 Februari 2021,

Bertempat di Gedung AULA Bappeda Kab. Buton Utara, dilaksanakan acara Sosialisasi sekaligus pelatihan penginputan Teknis Input Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kab. Buton Utara untuk tahun Anggaran 2022. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kab.Buton Utara, Bapak Diwan beserta Para Anggota Dewan didampingi para operator dari Sekretariat Dewan  yang nantinya akan membantu dalam proses penginputan pokok pikiran tersebut ke Aplikasi SIstem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Acara ini sendiri bertujuan untuk penyusunan RKPD Kabupaten Buton Utara Tahun 2022, dimana dalam penyusunan Rancangan awal yang mencangkup didalamnya penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD yang diatur dalam Pasal 178 Peraturan Menteri Dalam Negeri No 86 Tahun 2017.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, bahwa penyusunan perencanaan menggunakan sistem informasi berbasis teknologi informasi yang mana terdapat perubahan mekanisme dalam penyusunan perencanaan yang bersumber dari aspirasi DPRD.

Dalam Acara tersebut juga di rangkaikan penyerahan secara simbolis User dan Password SIPD Anggota DPRD oleh Kepala Bappeda, Dr. Harmin Hari,SP.,M.Si kepada Ketua DPRD, Diwan.  Dalam pemaparannya, Kepala BAPPEDA menjelaskkan bahwa pentingnya RPJMD dan RKPD sebagai payung hukum dan landasan dari setiap proses perencanaan pembangunan di Daerah yang mana didalam proses penyusunannya terdapat Pokok Pikiran (POKIR) DPRD yang menjadi salah satu bahan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) setiap tahun. " KUA PPAS dan APBD haruslah sinkron dan sesuai dengan RPJMD dan RKPD yang didalamnya memuat Pokok pikiran DPRD. Seperti apa proses penyusunannya dalam aplikasi SIPD, saat inilah kita akan laksanakan dan diskusikan bersama ," ujar Bapak Kepala Bappeda. 

Nantinya untuk Penginputan Pokir Anggota Dewan akan langsung divalidasi oleh bagian Kesekretariatan DPRD dan usulan anggota dewan langsung masuk ke Bappeda dengan rekomendasi mitra kerja dan langsung masuk ke OPD masing-masing dan akan langsung diverifikasi. Dalam usulan Pokir tersebut para Anggota DPRD dapat memonitor setiap usulan yang diajukan dan telah diinput di aplikasi. Setelah usulan di input, usulan tersebut nantinya akan bermuara apakah dapat terakomodir  ataukah tidak, akan dapat di lihat melalui aplikasi tersebut. Dalam proses verifikasi tersebut tentunya melalui berbagai pertimbangan baik dari segi Prioritas program serta ketersediaan anggaran.

Dalam kesempatan ini juga, Ketua DPRD Kab. Buton Utara mengapresiasi Kerja Bappeda Buton Utara dan mengharapkan kegiatan ini menjadi momentum bagi pemerintah daerah  bersama pihak Legislatif, untuk berkolaborasi dalam menyusun program kegiatan yang telah dirangkum oleh para anggota Dewan dalam setiap reses di daerah pemilihannya demi menyukseskan visi misi Kepala Daerah dan kesejahteraan Masyarakat tentunya. Penjelasan teknis dalam proses penginputan Pokir DPRD dibawakan oleh Kabid. Sosbud, Amalan,S.Si.,M.Ap, yang menjelaskan bagaimana proses awal sampai akhir alur dari penginputan Pokir di Aplikasi SIPD yang diselingi diskusi tanya jawab bersama para Anggota Dewan dan Sekretariat Dewan Kab. Buton Utara.

 

Dilihat: 106

Add comment


Security code
Refresh