• Pelaksanaan Sosialisasai dan Pelatihan Teknis POKIR DPRD 2 Februari 2021
  • Pelaksanaan Sosialisasai dan Pelatihan Teknis POKIR DPRD 2 Februari 2021
  • ASN lingkup BAPPEDA melaksanakan Apel
TheGrue.org

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Kab.Buton Utara tahun 2020

Kategori: Publikasi Diterbitkan: Sabtu, 15 Februari 2020 Ditulis oleh BAPPEDA Butur

Buranga-,

Sesuai Amanat Permendagri No.86 Tahun 2017 pasal 98 ayat 3,BAPPEDA Kab.Buton Utara bersama-sama pemerintah di 6 Kecamatan menyelenggarakan Musrenbang Kecamatan yang berlangsung mulai tanggal 10 Februari sd 19 Februari 2020. Kegiatan Musrenbang pada tahun ini, mengangkat tema "Pemantapan Pemerataan Infrastruktur Wilayah,Pengembangan Ekonomi Kerakyatan dan Penguatan Reformasi Birokrasi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Masyarakat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,Kegiatan musrenbang kali ini lebih lengkap dan berkesan karena turut dihadiri oleh Perwakilan legislatif  yaitu Anggota DPRD Kab.Buton Utara.Selain itu, dihadiri juga oleh Segenap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Perwakilan tiap Desa dan Kelurahan mulai dari Kepala Desa, Lurah,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama,Tokoh Adat dan Tokoh Perempuan.

Pada tanggal 10 Februari sd 13 Februari, Kegiatan Musrenbang Kecamatan telah selesai diselenggarakan berturut-turut di Kecamatan Kulisusu Utara,Kec.Bonegunu,Kec.Wakorumba Utara dan Kec.Kulisusu Barat dengan sukses dan lancar tanpa adanya kendala berarti. Dalam Sambutannya pada Acara Musrenbang Kec.Bonegunu  tanggal 11 Februari 2020, Kepala BAPPEDA Harmin Hari, SP., M.Si menyampaikan Apresiasi kepada seluruh elemen Masyarakat dan Stake Holder  khususnya Pemerintah Kecamatan sebagai penyelenggara dalam menyukseskan Agenda tahunan ini. "Kegiatan Musrenbang Kecamatan adalah sebagai forum pembahasan untuk melakukan penajaman,Klarifikasi,penyelarasan dan Kesepakatan terhadap usulan rencana kegiatan pembangunan di Desa dan Kelurahan, yang nantinya akan menghasilkan berita acara kesepakatan untuk menjadi bahan pembahasan dalam forum lintas OPD dan Musrenbang Kabupaten/Kota. Bahwa dalam perencanaan, terdapat 4 pendekatan yang berorientasi pada proses  yaitu Teknokratik atau dengan menggunakan metode atau kerangka berpikir ilmiah,Partisipatif yaitu dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan,Politis yaitu dilaksanakan dengan menerjemahkan visi dan misi Kepala Daerah kedalam dokumen RPJMD yang dibahas bersama DPRD dan pendekatan atas-bawah dan bawah-atas (Up down bottom up) yaitu merupakan hasil perencanaan yang diselaraskan dengan hasil musyawarah  mulai dari Desa,Kelurahan,Kecamatan,Kabupaten/Kota,Propinsi hingga Nasional.Oleh karena itu, kita berharap semua Stake Holder dapat membangun sinergitas untuk menuntaskan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara tahun depan seperti menurunkan angka kemiskinan menjadi 14 persen ditahun 2021 sesuai target didalam RPJMD tahun 2016-2021," ujar Kepala BAPPEDA.

Sementara itu, dalam diskusi tanya jawab pada Kegiatan Musrenbang di 4 Kecamatan yang telah selesai umumnya usulan tiap Desa dan Kelurahan adalah terkait infrastruktur seperti di Kecamatan Bonegunu, terkait usulan peningkatan kualitas layanan air minum dengan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Langere yang merupakan kebutuhan prioritas Masyarakat.Selain infrastruktur, juga mengemuka terkait usulan penambahan tenaga Medis dan Pendidik seperti Guru, Bidan dan Perawat di Kecamatan Kulisusu Barat, Wakorumba Utara dan Kulisusu Utara. Menanggapi beberapa usulan tersebut, Kepala BAPPEDA memberikan tanggapannya bahwa dalam usulan tersebut ada skala Urgent,Prioritas dan belum terlalu prioritas. Apalagi APBD untuk tahun 2020 terserap untuk PILKADA, serta untuk penyelesaian pengerjaan jalan poros Kabupaten dari Labuan-Waode Buri yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi kita harus tetap menjaga spirit,berdoa dan meningkatkan kualitas kerja agar dengan anggaran yang minimal dapat menghasilkan kinerja yang maksimal untuk kemajuan Kabupaten Buton Utara tercinta.

Dilihat: 2525

Add comment


Security code
Refresh